CEGAH RABIES, DISTAN DENPASAR ADAKAN VAKSINASI GRATIS

  • 25 Februari 2020
  • Oleh: Dinas Pertanian, Tanaman Pangan & Hortikultura Kota Denpasar
  • Dibaca: 2085 Pengunjung

Lumintang, DenPost

Serangkaian memperingati HUT ke-232 Kota Denpasar, Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar menggelar vaksinasi rabies, kastrasi dan sterillisasi gratis, terhadap anjing dan kucing local. Kegiatan ini dilangsungkan di Kantor Dinas pertanian, Senin (24/2) hingga 27 februari mendatang.

Kepala Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan Distan Denpasar, drh. Made Ngurah Sugiri, didampingi Kasi Keswan, drh. IA Made Sri Martini, mengatakan vaksinasi, steril dan kastrasi gratis hewan penular rabies (HPR) ditargetkan 30 ekor setiap hari. Ini untuk mengontrol populasi anjing peliharaan dan anjing liar. “Kami melakukan kegiatan kastrasi, sterilisasi dan vaksinasi gratis, bekerja sama dengan Yayasan Seva Bhuana dan Yayasan BAWA” kata Ngurah Sugiri.

Dijelaskan, anjing yang divaksinasi berumur 4-5 tahun dan kucing usia 5 bulan ke atas dalam kondisi sehat. Apa yang dilakukan ini untuk mengontrol populasi HPR sekaligus vaksinasi rabies secara gratis. “Kami melakukan vaksin, sterilisasi dan kastrasi di kantor Dinas Pertanian sampai Selasa (25/2) hari ini. Mulai hari rabu (26/2) besok, vaksin akan diadakan di Banjar Sima dan Kamis (27/2) mendatang dilangsungkan di Banjar Pande, Semerta Kaja, Denpasar Timur,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, vaksinasi rabies khusus untuk anjing dan kucing lokal peliharaan masyarakat Kota Denpasar. Asumsinya anjing ras sudah dipelihara oleh orang-orang berduit, sehingga tidak perlu lagi mencari vaksinasi rabies gratis. “Vaksinasi rabies gratis untuk anjing dan kucing lokal yang jatahnya 30 ekor sehari,” ucapnya.

Dia menambahkan, populasi anjing dan kucing wajib dikontrol karena, sejak 2017 Denpasar bebas penyakit rabies. Ini perlu dijaga melalui vaksinasi HPR gratis maupun vaksinasi missal yang dilakukan juni hingga agustus 2020 mendatang. “Tahun ini kita lakukan vaksinasi bervariasi agar menyentuh masyarakat, yang pelaksanaanya langsung dilapangan dengan menyasar anjing-anjing liar yang rentan tertular penyakit rabies,” terang Ngurah Sugiri.(103) 


  • 25 Februari 2020
  • Oleh: Dinas Pertanian, Tanaman Pangan & Hortikultura Kota Denpasar
  • Dibaca: 2085 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Ir. I Gede Ambara Putra, M. Agb

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pertanian, Tanaman Pangan & Hortikultura Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?